Pages

Sabtu, 06 April 2013

Khasiat Selada Air

Manfaat Selada Air  : Hidup Sehat tidak jauh dengan yang namanya Makanan sehat, rajin berolahraga, dan Pola Makan yang teratur.  Dan kali ini akan membahas tentang Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan.  Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari Selada Air. Selada air (Nasturtium Officinale) merupakan tanaman yang sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. 

Selada air merupakan salah satu pencuci darah yang baik disamping juga merupakan Tonic terhadap penyembuhan gangguan liver dan ginjal. Selada air termasuk sayuran yang mudah ditemui di pasar tradisional. Sayuran ini memang tidak terlalu populer, meski harganya cukup murah dan gampang sekali dijadikan aneka hidangan yang lezat atau mungkin karena tidak banyak yang tahu manfaat yang terkandung di dalamnya.

Selada air berasal dari wilayah timur mediterania dan wilayah yang berbatasan dengan asia. Di Indonesia, selada air banyak dijumpai pada lahan pertanian yang airnya cukup menggenang, berdaun hijau kecil, batangnya berongga sebagai ciri tanaman yang hidup di air dan memiliki tangkai yang tidak terlalu panjang.

Kandungan Selada Air :  Selada air memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagus, yaitu kaya akan Vitamin B, betakaroten, magnesium, dan potassium, banyak mengandung Phytochemical (merupakan senyawa anti kanker), mengandung komponen antioksidan lengkap (untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mendetoksifikasi racun tubuh), klorofil, Vitamin E, bioflavonoid, kalsium, yodium, kalium, sulfur, seng, Zat besi dan Vitamin C. 

Bahan dalam tiap gram selada air mengandung Vitamin C yang 12 kali lebih banyak dan mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan bayam. Selada air Sayuran yang masih berkerabat dekat dengan keluarga sawi-sawian ini juga dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak ribuan tahun lalu. 

Bangsa Yunani dan Romawi Kuno percaya bahwa selada air berkhasiat sebagai tonikum bagi otak, membuat otak jadi cerdas. Sementara, para ibu bangsa Persia selalu memasak selada air untuk anak-anaknya agar mereka tumbuh sehat dan kuat. Selain itu juga dijadikan sebagai pelancar ASI pada ibu menyusui dan sebagai penambah energi bagi olahragawan. 

Selada air berperan merangsang produksi cairan empedu dan membantu proses detoksifikasi pada liver. 

Sebagai makanan obat, selada air mampu memurnikan darah, mengandung zat antioksidan penangkal radikal bebas, menurunkan demam, mencegah sariawan, antiseptik, meningkatkan gairah seksual, meluruhkan kencing (diuretika), menghilangkan dahak, memperlancar BAB, mendongkrak metabolisme tubuh. 

Selada air juga dipercaya dapat menyembuhkan anemia, asma, bronkitis, kanker, penyakit kulit, diabetes, eksim, edema, gangguan penglihatan, asam urat, rambut rontok, sakit kepala, infeksi, batu ginjal, obesitas, dan TBC. 

Dengan banyaknya Manfaat Selada Air maka Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya karena sangat baik bagi kesehatan Anda.

25 komentar:

  1. selada memang enak rasanya apalagi kalau dimasak lalaban atau keluban ( bahasa jawa) setelah tau manfaatnya pastinya makan selada akan lebih lahap

    BalasHapus
  2. di daerah rumah ku banyak banget selada air dan memang rasanya sangat mantapp..

    BalasHapus
  3. oohh aq bru tau salada air banyak manfa,atnya ... mksh y

    BalasHapus
  4. aku paling suka makan salada air tp gak tau manpaatnya yg penting enak di makan mentah enak di oseng oseng ,berarti mantap lhooo

    BalasHapus
  5. mudah mudahan ada maanpaatnya buat saya dan kita semua,,,

    BalasHapus
  6. saya suka sekali dengan masakan selada air, tapi tidak tau manfaatnya, terima kasih atas infonya GBU.

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara saya mendapatkan Tips Sehat dari blog ini?

    BalasHapus
  8. Makasih Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. khasiat selada sangat banyak sekali. bikin badan hangat kuat


    Semoga Artikel ini berguna dan bermafaat.

    Obat pembesar payudara

    peninggi badan

    Obat selulit

    Vakum pembesar penis

    Jual obat kuat

    Vakum penis

    BalasHapus
  10. Trimaksih Atas Infonya Menarik Untuk Di Simak.

    BalasHapus
  11. Ternyata Selada Juga Banyak manfaatnya Ya..

    BalasHapus
  12. terimakasih, ini info yang sedang saya cari :)

    BalasHapus
  13. Makasih Artikelnya... Perbanyak Postinganya lagi ya :)

    BalasHapus
  14. Terbaik seperti dalam hadis Nabi Muhammad S.A.W lawat blog kakchah....terima kasih kepada penulis blog ini anda memberi penjelasan yang terbaik untuk semua.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. infonya sangat menarik http://tipsdancarahidupsehatalami.blogspot.com/

    BalasHapus