Pages

Sabtu, 06 April 2013

Khasiat Daun Kaki Kuda

Daun Kaki Kuda dikenal dengan sebutan Pegagan : Tumbuhan ini di Indonesia mempunyai bermacam macam nama sesuai dengan daerah daerah. Di Jawa dikenal dengan calingan rambat, di Sunda : antanan rambat, di Makasar : pegaga, dan di Tapanuli : ampapaga.

Daun kaki kuda ini mengandung zat glikosida, triterpenoida, alkaloid hidrokotilin, steroid, tanin, minyak atsiri, dan garam garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Daun kaki kuda ini juga dapat digunakan untuk mengobati bermacam macam penyakit, seperti penyakit kulit, sakit perut, radang usus, batuk, asma, bronkitis, peluruh air seni, obat kumur untuk sariawan, obat borok perut, luka luka kulit dan penyakit lepra. Hal ini diperkuat oleh Polonsky dan kawan kawannya dalam penelitian mereka. Mereka menemukan zat zat di dalam daun kaki kuda tersebut dapat menyembuhkan : Lepra, Anemia, Peradangan, Campak dan Asma. Ditemukan juga bahwa daun kaki kuda ini tergolong sedative (pereda, penenang) dan cardiotonic (penguat jantung) yang dapat juga memperbaiki daya ingat dan penenang orang yang kurang waras.

Daun kaki kuda ini dapat dilalap untuk penyakit, dapat direbus untuk sayuran dan dapat di ambil sarinya untuk terapi.

8 komentar:

  1. ooo Daun kaki kuda seperti itu ya.. keliatannya banyak di belakang rumah..

    BalasHapus
  2. Manfaat Selada Air : Hidup Sehat tidak jauh dengan yang namanya Makanan sehat, rajin berolahraga, dan Pola Makan yang teratur. Dan kali ini akan membahas tentang Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari Selada Air. Selada air (Nasturtium Officinale) merupakan tanaman yang sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium.

    BalasHapus
  3. banyak tips yang bermanfaat disini,saya harus bookmark halaman ini,makasih sudah share

    BalasHapus
  4. Daun pegagan memang sangat bagus tuk kesehatan, juga utk meningkatkan kecerdasan anak dan mencegah pikun pada manula. simak lengkapnya di artikel berikut:
    http://waroeng-sehat.com/info-sehat/daun-pegagan-meningkatkan-daya-ingat-dan-kecerdasan/

    BalasHapus