Pages

Kamis, 28 Maret 2013

Terapi Puasa

BERPUASA

Baru-baru ini ahli-ahli telah menganjurkan kembali bahwa berpuasa itu adalah salah satu cara pembersihan tubuh yang baik dan pada waktu yang sama pula merupakan salah satu penyembuh alamiah yang terbaik.

Apakah dimaksud dengan berpuasa? Berpuasa artinya dengan rela untuk tidak makan apa-apa untuk sementara waktu.

Sebenarnya, setiap orang mengikuti puasa setiap hari tanpa disadarinya. Bilamana anda pergi tidur di malam hari, sebenarnya anda berpuasa sampai pagi. Itu makanya di dalam bahasa Inggris, makan pagi itu disebut "breakfast" atau membuka puasa. Dan selama malam itu, tubuh anda, terlebih alat-alat pencernaan anda sedang beristirahat. Ini adalah salah satu keuntungan berpuasa mengistirahatkan bagian-bagian tubuh.

Kalau seseorang lebih lama berpuasa, lebih sedikit waktu yang dibutuhkannya untuk tidur. Kenapa? Karena tubuh tidak menggunakan tambahan energy untuk mencerna makanan, dan sementara lebih banyak kotoran-kotoran dikeluarkan dari dalam tubuh, maka tubuh itu membutuhkan lebih sedikit waktu untuk istirahat.

Paling sedikit ada tiga alasan apa sebabnya seseorang berpuasa karena agama, karena politik, dan karena ilmiah (ratio). Tidak berarti bahwa berpuasa karena agama atau karena politik itu tidak ada rationya, tetapi yang dimaksudkan ialah penekanan berpuasa karena diketahui baik untuk tubuh dan kesehatan tanpa ada unsur agama atau politik yang mendorong.

Puasa agama sering diadakan sebagai jalan keampunan dosa atau untuk memperoleh campur-tangan Allah SWT, bilamana mengalami masalah atau kesukaran. Puasa agama itu sering juga diadakan untuk meninggikan kerohanian. Menolong membulatkan dan mengkonsentrasikan pemikiran dengan Tuhan atau mendekatkan hubungan dengan Tuhan Khalik semesta alam.

Puasa politik sifatnya berbeda. Ini biasanya diadakan terang-terangan di muka umum. Sebenarnya puasa politik ini lebih tepat kalau disebut dengan istilah "mogok makan." Biasanya puasa politik ini adalah pernyataan protes terhadap ketidakadilan oleh sesuatu golongan atau sesuatu pemerintah, protes terhadap perang atau terhadap aliran politik yang dijalankan di sesuatu pemerintahan. Tetapi kenyataannya, puasa politik atau mogok makan itu jarang merubah orang yang jahat menjadi baik.

Puasa ilmiah adalah jenis puasa yang ditekankan .di dalam buku ini. Puasa seperti ini diadakan untuk membersihkan tubuh, membuang racun racun dari dalam tubuh, dengan pengertian bahwa ada racun-racun di dalam tubuh adalah faktor utama penyebab berjenis-jenis penyakit. Karena kalau dengan terus-menerus kita mengisi makanan ke dalam tubuh, sementara tubuh itu berusaha menyembuhkan dirinya sendiri, maka kita memaksa tubuh itu menggunakan vital forces (tenaga cadangan) yang telah tersedia di dalam tubuh itu. Oleh karena itu, kalau ada gejala penyakit, salah satu cara yang terbaik untuk menormalisasi tubuh itu ialah dengan berpuasa, membiarkan pencernaan beristirahat, yang akan mendukung proses penyembuhan.

Berpuasa ini dapat diadakan selama 24 atau 36 jam, tanpa makan apa apa sama sekali. Yang berpuasa dapat minum air putih atau sari sayuran apalagi kalau waktu berpuasa itu cukup lama atau lebih dari 24 jam. Ada orang yang tahan berpuasa selama satu bulan penuh bahkan sampai 40 hari lamanya. Dan biasanya yang tahan berpuasa dalam waktu yang cukup lama, tubuhnya pun akan dibersihkan dan penyakit pun pada umumnya akan disembuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar