Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

Khasiat Dandelion


Khasiat Dandelion

Dandelion adalah sejenis bunga yang sering tumbuh sebagai tanaman liar. Bunganya kuning serta daunnya hijau dan agak bergerigi. Dandelion ini mengandung potassium, kalsium, sodium, magnesium dan silikon. Dandelion merupakan obat kuat. Menguatkan gigi dan mencegah penyakit gusi. Disamping itu dandelion juga menguatkan kerangka manusia serta mencegah lunaknya tulang tulang.

Ratusan spesies Dandelion tumbuh di daerah beriklim sedang di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Dandelion dicirikan dengan bunga berwarna kuning cerah, daun beralur untuk mengalirkan air hujan ke akar. Selain itu bunga Dandelion sensitif terhadap cahaya, sehingga bunga akan terbuka dengan matahari pagi dan menututup di malam hari atau saat cuaca mendung. Ciri lain, akar berdaging coklat gelap dan rapuh dan terdapt zat putih susu yang sedikit pahit dan beraroma segar.

Kandungan Dandelion :
- vitamin A, B kompleks, C, dan D
- besi
- kalium
- seng

Khasiat:
Dandelion adalah diuretik alami yang dapat meningkatkan produksi urin dengan membantu ekskresi garam dan air dari ginjal. Dandelion dapat digunakan untuk berbagai kondisi yang memerlukan pengobatan diuretik ringan, seperti pencernaan yang buruk, gangguan hati, dan tekanan darah tinggi.

Dandelion segar atau kering digunakan sebagai perangsang nafsu makan ringan dan membantu mengatasi sakit perut (seperti rasa penuh di perut, kembung, dan sembelit). Akar tanaman Dandelion diyakini memiliki efek pencahar ringan dan sering digunakan untuk memperbaiki pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa akar Dandelion dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi bakteri alami dalam saluran pencernaan. Penelitian juga melaporkan bahwa akar Dandelion dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan kandung kemih.

Bahkan beberapa penelitian terdahulu menemukan Dandelion dapat membantu menormalkan kadar gula darah dan memperbaiki profil lipid (menurunkan kolesterol total dan trigliserida sambil meningkatkan HDL, kolesterol baik) pada diabetes tikus. Namun, tidak semua penelitian pada hewan menunjukkan efek positif yang sama pada gula darah. Oleh akrena itu, para ahli belum menyepakai bahwa Dandelion dapat mengobati penyakit gula darah.

Dalam pengobatan tradisional, akar dan daun Dandelion digunakan untuk mengobati masalah hati. Penduduk Asli Amerika menggunakan Dandelion untuk mengobati penyakit ginjal, bengkak, masalah kulit, mulas, dan sakit perut.

Sedangkan pada pengobatan tradisional Cina dandelion digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, radang usus buntu, dan masalah payudara (seperti peradangan atau kurangnya aliran susu).

Kini, akar dandelion terutama digunakan sebagai stimulan nafsu makan, membantu pencernaan, dan untuk fungsi hati dan kantong empedu. Daun Dandelion digunakan sebagai diuretik untuk merangsang ekskresi urin.

Sumber: UMM

0 komentar:

Posting Komentar