Pages

Kamis, 28 Maret 2013

Cara Detoksifikasi Tubuh

MEMBERSIHKAN TUBUH SELAMA TIGA HARI
(Three-day Cleansing)

PEMBERSIHAN IN! DAPAT DIADAKAN SEDIKITNYA EMPAT KALI SETAHUN, KALAU TIDAK DAPAT SEKALI SEBULAN. JANGAN LUPA, MAKANAN YANG KITA MAKAN SEHARI-HARI SELALU MENINGGALKAN SISA-SISANYA DI DALAM TUBUH; APALAGI KALAU JENIS MAKANAN ITU SUDAH BERSIFAT ANORGANIS. SISA-SISA INILAH YANG MEMBUAT BAGIAN-BAGIAN TUBUH ITU TIDAK BERFUNGSI DENGAN NORMAL.

Salah satu cara untuk membantu penyembuhan sesuatu penyakit adalah dengan atau melalui three-day cleansing program atau membersihkan tubuh selama tiga hari.
Pada umumnya, kecuali karena kecelakaan, seseorang sakit adalah karena kurang gizi makanan atau oleh karena terlalu banyak memakan makanan berlendir dan berlemak. Makanan-makanan daging dan makanan- makanan berasal dari hewan, serta makanan-makanan dimasak akan meninggalkan lendir-lendir dan sisa-sisa makanan itu di dalam tubuh.
Kalau seseorang sakit karena kurang gizi makanan, maka dia akan tertolong dengan makan makanan-makanan segar (makan makanan yang mentah-mentah) dan mengurangi makanan-makanan dimasak. Tetapi kalau seseorang sakit karena menumpuknya sisa-sisa makanan, lemak, lendir-lendir, dan kolesterol di dalam tubuh maka tubuh si penderita perlu dibersihkan.
Kebersihan, baik secara luar dan dalam, adalah langkah pertama untuk memperoleh kesehatan. Jangan lupa sebutan bahasa Indonesia yang mengatakan, "Kebersihan pangkal kesehatan." Karena dengan bertumpuknya sisa-sisa makanan di dalam tubuh, selain menghambat kelancaran peredaran darah akan juga menimbulkan keracunan di dalam tubuh itu sendiri dan akan menghambat kesembuhan. Sedangkan sebenarnya tidak ada sesuatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Dr. Cnristopher mengatakan, "Remember, there are no incurabie diseases only people who tnink they are incurabie." "Ingatlah, katanya "tidak ada sesuatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan, hanya orang berpikir yang mereka tidak dapat sembuh."
Dengan demikian Dr. Christopher mengemukakan three-day cleansing programnya; Dr. N.H. Walker dengan cara "detoxication" dan Dick Gregory dengan program puasanya, untuk tujuan membersihkan dan menyembuhkan tubuh.
Menurut Dr. Christopher ada lima keuntungan yang diperoleh dengan mengikuti three-day cleansing program (membersihkan tubuh selama tiga hari) itu:.
 Akan membersihkan lendir-lendir dari tubuh, yang merupakan penyebab polip, tumor, cysta, dan penyebab kelihatan menua.
  1. Yang digunakan untuk membersihkan tubuh ini, selain membersihkan dapat juga memberikan kecukupan kebutuhan tubuh, yang dapat membangun sel-sel tubuh.
  2. Akan memperbaiki kerusakan jaringan-jaringan tubuh.
  3. Akan mengaktifkan kembali arus listrik tubuh yang sudah lemah dan akan membantu alat-alat pembuangan dari tubuh.
  4. Bagi yang terlalu gemuk akan diturunkan berat badannya menjadi normal, dan yang kurus akan dinaikkan berat badannya hingga normal.
Alat-alat pembuangan
Saluran pembuangan tubuh adaiah paru-paru, kulit, ginjal dan anus. Keringatan adalah cara mengeluarkan racun-racun tubuh yang kalau ter¬tahan di dalam tubuh akan membahayakan. Ginjal mengeluarkan sisa-sisa makanan dan metabolisme tubuh dari hati. Anus akan mengeluarkan, bukan saja sisa-sisa makanan, tetapi membuang juga kotoran-kotoran rubuh, dalam bentuk sel-sel yang sudah aus. sebagai akibat aktifitas tubuh dan rikiran kita; dan jikalau kotoran-kotoran itu tertahan di daiam tubuh akan mengakibatkan pembusukan kotein yang menyebabkan tubuh itu keracunan.

Membersihkan Tubuh Selama Tiga Hari
Salah satu pembersih tubuh terbaik yang dapat digunakan dalam three- day cleansing program ini, adalah buah apel. Sankan selain pembersih darah terbaik, apel itu juga mempunyai kasia: untuk menyembuhkan. Sebutan bahasa Inggris mengatakan "An apple a day will keep the doctor away” yang artinya, "Satu apel sehari akan menghindari dokter pribadi."
Selain apel, bahan pembersih terbaik berikutnya adalah wortel. Di dalam wortel hampir seluruh kebutuhan tubuh tersedia, walaupun tidak lengkap atau tidak mencukupi.
Ini tidak berarti bahwa hanya apel.dan wortel yang dapat digunakan untuk membersihkan tubuh. Masih banyak buah ataVi sayuran lainnya yang dapat digunakan seperti jeruk, semangka, grape-fruit, buah anggur, kacang panjang dan lain-lain. Bahkan air suling pun dapat digunakan.
Tetapi, oleh karena wortel lebih gampang diperoleh dan pada umumnya lebih murah, maka saya berikan cara three-day cleansing program ini dengan menggunakan sari wortel. Prinsip penyediaan dan penggunaan sari wortel ini sama dengan buah apel dan sayuran lainnya.

Hari Pertama
Pagi-pagi sekali, sekitar jam 06.00, minumlah sari pepaya 2 gelas (kurang lebih 400-500 cc). Pepayanya jangan mentah, tetapi juga jangan terlalu matang, supaya jangan bergumpal-gumpal waktu dijuice. Tujuan meminum sari pepaya ini adalah sebagai pencahar untuk membersihkan isi perut. Setengah jam kemudian, atau jam 06:30, mulailah minum sari wortel (hanya sari wortel, tidak dicampur dengan air) sebanyak 3 liter sehari. Sari wortel ini tidak boleh dicampur dengan garam, gula, atau dengan apa sekalipun. Sari wortel ini boleh diminum di antara lima atau enam kali di dalam sehari. Kalau sari wortel tidak terlalu cocok dengan tubuh Anda, minumlah sedikit-sedikit, tetapi lebih sering. Tetapi kalau seandainya tidak cocok sama sekali, boleh diganti dengan sari apel atau dengan sari lainnya. Jangan lupa bahwa selama mengikuti pembersihan tubuh ini, anda tidak boleh memakan sesuatu apapun.
Hari Kedua
Sama dengan hari pertama, mulailah dengan meminum sari pepaya pada jam 06:00 pagi sebanyak 1 ½ sampai 2 gelas (400-500 cc). Setengah jam kemudian kembalilah meminum sari wortel sebagaimana dianjurkan pada hari pertama.
Pada hari kedua ini, agar ada serat di dalam perut, makanlah satu batang wortel satu hari sebaiknya pada waktu tengah hari. Di samping memakan sebatang wortel pada hari kedua ini, minumlah satu sendok teh minyak zaitun tiga kali sehari. Tujuan minyak zaitun ini diminum adalah sebagai pelumas bagi kerongkongan dan usus. Perlu diingat bahwa kalau wortel yang digunakan untuk pembersihan, hanya wortel juga yang boleh dimakan, tidak boleh bercampur.

Hari Ketiga
Hari ketiga tidak jauh berbeda dengan hari kedua. Perbedaannya yang jelas ialah bahwa pada hari ketiga ini tidak perlu lagi dimulai dengan minum sari pepaya, melainkan-langsung saja minum sari wortel dengan ukuran dan peraturan yang sama dengan hari pertama dan hari kedua.
Sebatang wortel dapat dimakan pada hari ketiga ini, sama seperti pada hari yang kedua. Dan minyak zaitun tetap diminum satu sendok teh tiga kali sehari.
Pada hari ketiga ini anda akan merasa lapar. Tetapi jangan khawatir, anda merasa lapar bukan karena kekurangan zat-zat kebutuhan tubuh, melainkan oleh karena kebiasaan perasaan kenyang dan oleh karena tubuh anda sedang dibersihkan dari banyak sisa-sisa makanan yang dibuang dari dalam tubuh.

Hari Keempat
Pada hari keempat, kalau anda masih dapat bertahan, hentikanlah minum sari wortel, tetapi minumlah hanya air putih bersih (kalau mungkin air suling) sebanyak-banyaknya. Ini akan menolong membersihkan sisa- sisa kotoran yang masih tertumpuk di dalam tubuh. Tetapi, kalau anda tidak tahan, pada hari keempat ini anda telah boleh minum sari sayuran dan buah-buah lainnya ataupun makan (semuanya mentah tanpa dimasak). Menu makanan sehat tanpa dimasak dapat dilihat pada bab yang berikut.

Hari Kelima dan seterusnya
Pada hari yang.kelima ini anda telah boleh minum sari dan bermacam jenis buah dan sayuran serta memakannya mentah-mentah. Jangan dulu terlalu cepat kembali ke menu makanan sehari-hari sementara tubuh anda sedang dalam proses pembersihan. Menu makanan anda pada minggu pertama selama mengikuti three-day cleansing program ini lihat pada bab berikut, apalagi kalau anda mengidap sesuatu jenis penyakit. Namun jangan lupa meneruskan minum sari sayuran dan buah setiap hari. Kalau sama sekali anda tidak dapat bertahan anda telah boleh makan makanan dimasak sedikit di hari keempat atau kelima.
Sesudah satu minggu mengikuti menu makanan yang diutarakan di atas, anda telah boleh mengikuti menu makanan kebiasaan anda sehari-hari dengan memperhatikan hal-hal berikut
  1. Kurangi makanan dimasak
  2. Kurangi garam, gula dan minyak
  3. Kurangi telur, daging dan ikan
  4. Jangan minum susu sapi
  5. Jangan makan roti putih, mentega dan keju.
  6. Janganlah merokok, minum minuman keras, kopi dan teh.

Gejala-gejala Selama Pembersihan
  1. Bilamana tubuh anda telah dibersihkan, maka ada kecenderungan yang anda akan mengalami hal-hal yang berikut:
  2. Akan terasa sakit di daerah yang dibersihkan
  3. Seperti merasa panik
  4. Untuk sementara bisa terasa sakit perut, kepala, bahkan hampir semuanya tubuh terasa tidak enak dan mungkin sembelit.
  5. Ujung-ujung jari tangan dan kaki terkadang terasa seperti ditarik-tarik. 
Kalau hal-hal seperti yang dis.ebut.kan di atas itu terjadi, janganlah takut, karena itulah pertanda yang tubuh anda sedang dibersihkan.
Sudah tentu, tubuh anda tidak dapat dibersihkan dengan sempurna dengan mengikuti satu kali three-day cleansing program ini. Sisa-sisa makanan dan kotoran-kotoran tubuh yang telah mengeras dan menumpuk untuk bertahun-tahun lamanya, tidak dengan gampang dapat dihancurkan dan dibuang seluruhnya. Oleh karena itu pembersihan ini dapat diadakan sedikitnya empat kali setahun, kalau tidak dapat sekali sebulan. Jangan lupa makanan yang kita makan sehari-hari selalu meninggalkan sisa-sisanya di dalam tubuh; apalagi kalau jenis makanan itu sudah bersifat anorganis. Sisa- sisa inilah yang membuat bagian-bagian tubuh itu tidak berfungsi dengan normal.

5 komentar:

  1. saya belum siap untuk minum jus wortelnya. Nanti kalo saya sudah siap saya akan coba praktekkan 3-day cleansing program ini.

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya,
    1. Jika di hari pertama sampai ketiga kalau merasa haus masih tetap boleh mengkonsumsi air putih?
    2. Wortel yang dikonsumsi adalah wortel yang mentah atau matang?
    thx before...

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat artikelnya

    kunjungi jg link berikut
    http://kesehatan.ilmci.com

    BalasHapus
  4. Lengkap banget artikelnya, untuk refensi diet sehat. Trims ya

    BalasHapus
  5. HIHIHIHIHII...Buat yang ogah-ogahan makan juz wortel atau jus buah+sayuran lain tetap diusahakan lah. Semua itu penting untuk proses detoksifikasi tubuh kita sendiri kok. Saya pun setuju banget dengan artikel di kunci sehat...Selain itu saya jual minuman mix jus+buah yang cocok untuk detoksifikasi sisa kotoran lama..Produk andalan diet sehat rekomendasi pak boyke dian nugraha..Tks..Salam kenal semua

    BalasHapus